Adalah lima remaja, Fahmi, Bram, Flo, Nana, dan Lukas. Mereka tergabung dalam sebuah grup musik. Sebuah band, Friends N’ Foes. Sering orang menyebutnya sebagai FNF.

Umumnya komik ini bercerita tentang suka duka perjalanan mereka mengejar impian membesarkan band ini, namun juga dibalut kisah persahabatan antar mereka, drama percintaan, kekeluargaan, dan masalah sosial lainnya.

Kreator​:​Franki Indrasmoro
Co-Kreator​:​Maulana Saputra, Bobby Satya Ramadhan
Studio​:​FranKKomiK
Produser​:​Franki Indrasmoro & Aria Baja
Cerita​:​Franki Indrasmoro & Bobby Satya Ramadhan
Gambar​:​Maulana Saputra

Friends N’ Foes adalah sebuah komik strip berseri yang terbit dua mingguan di website milik FranKKomiK (www.frankkomik.com), dan dapat dibaca secara gratis. Setiap episode terdiri atas 2 halaman, semua dikemas ringan dan menghibur.

Tokoh-tokoh dalam Komik FNF

  1. Fahmi (21 tahun) – gitaris & kibordis
    Pemain gitar yang introvert. Pendiam. Usia 21 tahun, dan cenderung geek. Doyannya main game, nonton anime, dan utak-atik komputer. Sebenarnya ia seorang multiinstrumentalis, namun untuk ngeband ia lebih memilih menjadi gitaris.
    Memiliki studio rekaman yang terbaik di Jakarta adalah merupakan salah satu bentuk dukungan orangtuanya. Maison Yassar, nama studionya. Biasa menjadi tempat nongkrong teman-teman bandnya, juga band-band indie lain. Namun Fahmi tidak terlalu pandai bergaul. Ia lebih suka menyendiri di depan komputernya. Fahmi Yassar terlahir dari keluarga pengusaha besar di bidang bisnis kelapa sawit. Namun ia tidak menjadi sombong karenanya.
  2. Nana (18 tahun) – drummer
    Cewek berdarah Betawi-Ambon-Belanda ini dianggap judes oleh kebanyakan orang yang belum mengenalnya. Namun bila mereka telah mengenal gadis yang bernama asli Akerina Alaweeya ini pasti akan terkejut dengan keramahan dan kebaikannya.
    Nana cenderung lebih suka berteman dengan lelaki. Membuatnya menjadi sosok yang easy going.
    Hobi membaca, menyukai sastra dan berkuliah di jurusan Sastra Indonesia tidak membuat Nana menjadi cewek yang awkward. Ia malah suka sekali bergaul, dan kesukaannya akan fashion membuat Nana sering terlihat paling eye catchy dalam setiap kesempatan.
    Terkenal banyak gonta-ganti pacar tidak membuat Nana menjadi cewek gampangan. Ia tetap mempertahankan prinsip feminisnya dan citranya sebagai anak Pak Haji.
    Belajar drum secara otodidak dari band-band punk kesukaannya, Nana adalah seorang fast learner sejati.
  3. Flo (23 tahun) – gitaris
    Berkuliah di jurusan musik dan menjadi musisi jazz adalah impian gadis yang bernama asli Florencia Blanca Atmadjaja ini.
    Flo berwatak keras, dan tegas. Bicaranya lugas. Terkesan ceplas-ceplos, namun sebetulnya ia sangat memikirkan setiap kata yang keluar dari mulutnya. Ia memang tipe pemimpin.
    Flo berdarah Tionghoa-Semarang.
  4. Lukas (22 tahun) – bassis
    Kalem sikapnya, cenderung santai. Sesuai dengan ucapan khasnya di momen-momen krisis, “Kalem.”
    Lukas Adisatria, nama lengkapnya. Anak tunggal dari keluarga seniman. Dan Lukas pun selepas SMP langsung mengambil sekolah kejuruan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), dan melanjutkan kuliah di kampus seni, mengambil jurusan Grafis Murni.
    Bersahabat erat dengan rokok, namun tetap hobi bersepeda. Ke mana-mana Lukas setia menggenjot sepeda kesayangannya. Ia orang yang setia kawan dan tak segan menjadi pendengar. Tak heran banyak yang menyukainya, walau ia sering terlambat datang ke pertemuan. Kebiasaan buruknya – selain merokok tadi.
  5. Bram (24 tahun) – vokalis
    Diantara yang lain, Dahana Bramantya adalah personil Friends N’ Foes yang terakhir bergabung. Ia tumbuh besar dari keluarga yang sederhana, cenderung kekurangan. Ia tak berhasil melanjutkan kuliah begitu lulus SMA karena orangtuanya kesulitan ekonomi. Ayahnya adalah seorang anggota BRIMOB, gugur tehun 2001 saat bertugas di Papua. Namun Bram bukan seseorang yang mudah putus asa. Ia memiliki bakat menyanyi, dan banyak berpengalaman di panggung-panggung festival. Bahkan ia pernah mengikuti kontes The Voice Indonesia, namun terhenti di tengah jalan.
    Selain itu Bram juga rutin mengamen di sudut area Mbloc Space. Berbekal gitar dan soundsystem seadanya, biasanya ia akan mengkover banyak lagu. Tak perlu waktu lama, banyak orang yang menunggu kehadiran Bram. Di Mbloc Space ini jugalah pada akhirnya Bram direkrut oleh Fahmi dan Flo untuk menjadi vokalis Friends N’ Foes.

 

Berikut adalah link episode komiknya:

  1. Episode 1
  2. Episode 2
  3. Episode 3
  4. Episode 4